11 Februari, 2014

Teks Laporan: Gedung Bertingkat Perusak Lingkungan



Gedung Bertingkat Perusak Lingkungan
          Zaman kini semakin modern, memaksa manusia melakukan perubahan dan pembangunan. Banyak pembangunan yang berdampak pada lingkungan. Sayangnya, banyak dampak negatif dari pembangunan-pembangunan itu. Salah satu contohnya adalah pembangunan gedung-gedung yang terjadi dimana-mana.
            Pembangunan gedung-gedung memang marak terjadi di Perkotaan, tetapi semakin zaman maju, Desapun banyak dibangun gedung. Mungkin memang tak sebesar dan setinggi gedung yang dibangun di Perkotaan namun dampak yang dihasilkan cukup besar.
            Untuk membuat satu gedung memerlukan banayak lahan sehingga lahan pesawahan, perkebunan, maupun ladang dikorbankan untuk membuat gedung. Tentu saja ini sangat mengganggu ekosistem alam. Keseimbangan alampun terganggu, rantai makanan terputus, banyak hewan-hewan yang kehilangan tempat tinggal, hewan-hewan dimangsa pemangsanya,berkurangngnya bahan makanan bagi manusia dan hewan,inilah dampak negatif yang terjadisaat pembangunan satu gedung yang mengorbankan alam dan lingkungan sekitar.
            Di Perkotaan dampaknya lebih dahsyat. Banyak pembangunan gedung yang terbengkalai membuat lingkungan kurang indah dilihat. Banyak juga gedung-gedung yang dipenuhi kaca, terlihat indah mermang tetapi itu juga salah satu faktor pemicu pemanasan global, cahaya matahari yang harusnya sampai ke kerak bumi, tetapi terpantulkan kembali oleh kaca-kaca dari gedung bertingkat, ditambah bila disekitar gedung tidak ada tanaman yang mampu menyerap sinar matahari, membuat keadaan semakin panas.
            Selain dampak negatif, dampak positifnyapun adanamun tidak sebanyak dampak negatif. Dampak positifnya antara lain, dapat mendukung perubahan, dapat menggunakan gedung untuk keperluan besar seperti pertemuan, perdagangan, atau pameran.
            Dampak negatif dari pembangunan gedung dapat dikurangi bila tetap menana tanaman atau membuka lahan pertanian, perkebunan, atau ladang yang sudah dikorbankan untuk dibuat menjadi gedung. Dengan begitu ekosistem alam tetap seimbang, dan tidak ada yang dirugikan, sehingga pembangunan gedung bertingkat tidak lagi merusak lingkungan melainkan ikut menjaga lingkungan.

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih kunjungannya
Jangan Lupa Komen Dan Follow bila tertarik :)

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More