LAPORAN
PRAKTIKUM TDPLK
PENGENALAN ALAT DAN BAHAN
KELOMPOK : 1
NAMA : AYU PUTRI
ARYATI
KELAS : X- ANALISIS KIMIA 3
LABORATORIUM KIMIA DASAR
PAKET KEAHLIAN KIMIA ANALISIS
SMKN 7 BANDUNG
2013-2014
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
PRINSIP DASAR
Sebelum memulai melakukan praktikum di
laboratorium praktikan harus mengenal dari alat-alat laboratorium dan memahami
cara penggunaan semua peralatan dasar yang biasa digunakan dalam laboratorium
kimia. Selain itu praktikan harus tahu cara menggunakannya dengan teknik dan
prosedur yang benar, walaupun sudah mengenal alat yang jenis, tetapi perlu
diingat bahwa tiap-tiap alat terkadang mempunyai prosedur yang telah ditentukan
oleh pabrik pembuatnya dan untuk memudahkan mengenal alat kimia yang digunakan
untuk pengelompokkan yang umum dipakai yaitu seperti peralatan gelas dan
peralatan non gelas.
1.2
TUJUAN PRAKTIKUM
1. Siswa dapat mengetahui alat-alat laboratorium
kimia
BAB II
TEORI PENUNJANG / TINJAUAN PUSTAKA
2.1
Alat-alat
laboratorium merupakan alat yang kita butuhkan dalam proses penelitian ataupun
proses praktikum. Dalam praktikum pengenalan alat-alat laboratorium dan
alat-alat sterilisasi akan dijelaskan secara detail mengenai fungsi dan
spesifikasi masing-masing alat tersebut. Sterilisasi adalah usaha untuk membebaskan
bahan-bahan dari mikrobia yang tidak diinginkan. Pada umumnya kegiatan praktik
laboratium diarahkan pada upaya supaya siswa dituntut untuk menguji,
memverifikasi atau membuktikan hukum atau prinsip ilmiah yang sudah dijelaskan
oleh guru atau buku teks. Ada juga percobaan yang dirancang oleh guru adalah siswa
disuruh melakukan percobaan dengan prosedur yang sudah terstruktur yang membawa
siswa kepada prinsip atau hukum yang tidak diketahui sebelumnya dari data
empiris yang mereka kumpulkan hasil dari percobaan tersebut. Namun terdapat
berbagai kelemahan dasar dari cara seperti ini, secara logis prinsip ilmiahdan
hukum alam tidak dapat dibuktikan secara langsung; prinsip ilmiah dan hukum alam
juga tidak dapat diuji hanya dengan jumlah percobaan yang terbatas yang
dilakukan oleh siswa. Keterbatasan alat yang digunakan, keterampilan yang dipunyai,
waktu yang singkat dan kompleksitas generalisasi, merupakan keterbatasan
percobaan siswa yang menunjukkan hal yang hebat kalau siswa bisa menghasilkan
prinsip teoritis yang penting dari sekumpulan data mentah hasil percobaan. Maka
bimbingan dari guru sangat dibutuhkan dalam proses penelitian. Banyak sekali
alat-alat praktikum yang harus kita kenal dan kita ketahui agar dalam proses
penelitian dan praktikum berjalan lancar tanpa ada masalah. Pengenalan alat ini
juga akan menambah wawasan dan pengetahuan bagaimana cara kerja alat tersebut
beserta fungsinya. Tentu dari sini kita bisa belajar bagaimana penggunaannya
agar dalam penelitian kita nanti mendapatkan hasil yang akurat dan dapat
dipercaya. Hasil penelitan tergantung dari proses penelitian,jika penelitian
baik dan penggunaan alatnya benar tentu hasil pengamatan kita baik pula. Alat-alat
laboratorium juga tidak bisa digunakan jika tidak sesuai dengan fungsinya maka
dari itu kita harus teliti dan mebutuhkan pengetahuan
Alat-alat
laboratorium juga banyak yang berbahaya seperti alat yang harus steril maka
sebelum menggunakan alat tersebut kita harus mensterilkan tangan kita. Jika tidak
hal itu bisa mengganggu proses suatu penelitian dan tentunya akan berdampak
pada hasil penelitian tersebut. Perhatian terhadap penggunaan alat laboratorium
harus di perhatikan guna keselamatan dan keberhasilan kerja atau penelitian.
BAB III
PROSEDUR PRAKTIKUM
3.1
ALAT-ALAT PRAKTIKUM
Ø Sendok Zat
Ø Pendingin
Liebig
Ø Pembakar
Spirtus
Ø Karet
Penghisap
Ø Pipet Tetes
Ø Corong Pisah
Ø Tabung
Reaksi
Ø Penjepit
Tabung
Ø Plat Tetes
Ø Labu
Erlemeyer
Ø Labu Ukur
Leher Panjang
Ø Labu Ukur
Ø Rak Tabung
Ø Batang
Pengaduk
Ø Klem Buret
Ø Termometer
Ø Tang Krus
Ø Klem tiga
Jari
Ø Corong
Ø Gelas Ukur
Ø Kaca Arloji
Ø Lumpang
Ø Alu
Ø Corong
Bucher
Ø Botol
Semprot
Ø Gelas Kimia
Ø Pipet Gondok
Ø Pembakar
Bunsen
Ø Statif
Ø Kassa Asbes
Ø Labu Dasar
Bulat
Ø Labu
Destilasi
Ø Ring Corong
Ø Cawan
Penguapan
Ø Kaki tiga
Krus
Ø Buret
Ø Pipet Ukur
Ø Soklet
3.2
PROSEDUR KERJA
1. Catat Peralatan-peralatan yang ada di
laboratorium menggunakan bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, Gambarkan Bentuk
Alat dan Kegunaannya
BAB IV
HASIL DAN PEMBAHASAN
4.1
DATA PENGAMATAN DAN PEMBAHASAN
NO
|
NAMA
|
GAMBAR
|
KEGUNAAN
|
||
INDONESIA
|
INGGRIS
|
||||
1
|
Klem Tiga jari
|
Tri Deoma Maxima
|
Untuk menjepit kondensor pada proses
destilasi
|
||
2
|
Tang Krus
|
Cruzz Tank
|
Mengambil krus yang sudah
dipanaskan.
|
||
3
|
Termometer
|
Thermometer
|
Mengukur Suhu.
|
||
4
|
Pipet Tetes
|
Dropper Pipette
|
Untuk meneteskan atau mengambil larutan dengan jumlah kecil.
|
||
5
|
Labu Erlemeyer
|
Erlenmeyer Flask
|
Untuk membuat larutan
|
||
6
|
Klem Buret
|
Burrete Klem
|
Menjepit dan menjaga buret tetap
tegak.
|
||
7
|
Rak Tabung
|
Test Tube Rack
|
Tempat tabung reaksi. Biasanya
digunakan pada saat melakukan percobaan yang membutuhkan banyak tabung
reaksi. Numun dalam mereaksikan zat yang menggunakan tabung reaksi sebaiknya
menggunakan rak tabung reaksi demi keamanan diri sendiri maupun orang lain.
|
||
9
|
Penjepit Tabung
|
Test Tube Holder
|
Untuk menjepit tabung reaksi.
|
||
10
|
Labu Ukur
|
Graduated Flask
|
Mengukur Larutan dengan ketelitian
tinggi
|
||
11
|
Labu Ukur Leher Panjang
|
Graduated Flask
|
Mengukur Larutan dengan ketelitian
tinggi
|
||
12
|
Labu Erlemeyer
|
Erlemmeyer Flask
|
Tempat membuat larutan.
|
||
13
|
Plat Tetes
|
Spot plates
|
Mereaksikan zat dalam jumlah kecil.
|
||
14
|
Batang Pengaduk
|
Rod
|
Untuk mengocok atau mengaduk suatu baik akan
direaksikan maupun ketika reaksi sementara berlangsung.
|
||
16
|
Pembakar Spirtus
|
Burner
|
Untuk membakar zat atau memmanaskan
larutan.
|
||
17
|
Soklet
|
Soxhlet
|
Alat Pemisahan saat proses ekstraksi
|
||
18
|
Sendok Zat
|
Spatula
|
|
Untuk mengambil bahan-bahan kimia
dalam bentuk padatan
|
|
19
|
Pendingin Liebig
|
Liebig
|
Sebagai pendingin saat proses Destilasi
|
||
20
|
Karet Penghisap
|
Filler
|
Menghisap larutan dari botol
larutan.
|
||
21
|
Ring Corong
|
Ring Funnel
|
Untuk menjepit corong pemisah dalam
proses pemisahan.
|
||
22
|
Corong Pisah
|
Separate Bry Funnel
|
|||
23
|
Penjepit Tabung
|
Test Tube Holder
|
Untuk menjepit tabung reaksi.
|
||
24
|
Tabung Reaksi
|
Test Tube
|
Untuk mereaksikan dua atau lebih
zat.
|
||
25
|
Gelas Kimia
|
Beaker Glass
|
Wadah Menyimpan Larutan
|
||
26
|
Corong Buchner
|
Buchner Funnel
|
Menyaring Larutan dengan bantuan
pompa vakum.
|
||
27
|
Botol Semprot
|
Wash Bottle
|
Menambahkan Aquadest
|
||
28
|
Lumpang dan Alu
|
Mortal dan Paskel
|
Menghaluskan zat yang masing
bersifat padat/kristal.
|
||
29
|
Karet Penghisap
|
Filler
|
Menghisap larutan dari botol larutan.
|
||
30
|
Kaca Arloji
|
Watch Glass
|
1. Sebagai penutup saat melakukan pemanasan
2. Untuk menimbang bahan-bahan kimia
3. Untuk mengeringkan suatu bahan dalam desikator.
|
||
31
|
Gelas Ukur
|
Graduated Cylinder
|
Mengukur volume larutan dengan
volume tertentu.
|
||
32
|
Kaki Tiga
|
Tripod
|
|
Penyangga saat Pembakaran.
|
|
33
|
Corong
|
Funnel
|
Corong digunakan untuk memasukan
atau memindah larutan dari satu tempat ketempatlain
|
||
34
|
Labu Destilasi
|
Destilation Flask
|
Untuk destilasi larutan.
|
||
35
|
Buret
|
Burette
|
|
Digunakan untuk titrasi
|
|
36
|
Pipet Gondok
|
Volumetrik Pipette
|
Digunakan untuk mengambil larutan
dengan volume tertentu sesuai dengan label yang tertera pada bagian pada
bagian yang menggembung.
|
||
38
|
Buret
|
Burette
|
|
Digunakan untuk titrasi
|
|
39
|
Pipet Ukur
|
Graduated Pipette
|
|
Untuk mengukur volume larutan
|
|
42
|
Kaki Tiga Krus
|
Clay Triangle
|
|
Untuk menahan wadah,
|
|
43
|
Cawan Peguapan
|
Evaporating Dish
|
Digunakan sebagai wadah. Misalnya
penguapan larutan dari suatu bahan yang tidak mudah menguap.
|
||
44
|
Labu Dasar Bulat
|
Florence/Boiling Flask
|
Untuk Destilasi
|
||
45
|
Kassa Asbes
|
Wire Guaze
|
|
Sebagai alas atau untuk menahan labu atau beaker
pada waktu pemanasan menggunakan pemanas spiritus atau pemanas bunsen
|
|
46
|
Statif
|
Ring Stand
|
Penyangga Buret
|
||
47
|
Pembakar Bunsen
|
Bunsen Burner
|
|
Untuk memanaskan larutan
|
|
BAB V
KESIMPULAN
Jadi dengan pengenalan alat alat di
laboratorium, Siswa dapat mengetahui alat-alat laboratorium kimia. Siswa pun
dibekali pengetahuan cara menggunakan nya dan menjaga keselamatan kerja juga
dirinya.
DAFTAR
PUSTAKA
1. srchihuyers.wordpress.com/2013/01/18/laporan-pengenalan-alat-alat-laboratorium
diakses pada tanggal 16
September 2013 pukul 20.00 WIB
2. http://wanibesak.wordpress.com/2010/10/10/beberapa-alat-dalam-laboratorium/ diakses pada tanggal 16 September 2013 pukul 22.05
1 komentar:
saya mau tanya tentang fungsi klem tiga jari
Posting Komentar
Terima kasih kunjungannya
Jangan Lupa Komen Dan Follow bila tertarik :)